Skip to main content
RS PKU SOLO Gelar Seminar Untuk Penyintas Kanker Payudara

RS PKU SOLO Gelar Seminar Untuk Penyintas Kanker Payudara

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia, pada hari ini, Rabu, 2 Oktober 2022 RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan  Seminar Kesehatan untuk Penyintas Kanker Payudara “Hidup Sehat Bagi Penderita Kanker Payudara” di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan narasumber dr. Amelya Augusthina Ayusari, M.Gz, Sp.GK (Dokter Spesialis Gizi Klinik RS PKU Muhammadiyah Surakarta) dan dr. Hengky Agung Nugroho, Sp.B.Onk (Dokter Spesialis Bedah Onkologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta).

 

RS PKU SOLO Gelar Seminar Untuk Penyintas Kanker Payudara

Acara yang diselenggarakan hari ini selain merupakan rangkaian dari kegiatan Sambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48, MIlad ke-95 RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Hari Kesehatan Nasional Ke-58, dan juga sebagai bentuk kepedulian tanggung jawab RS PKU Muhammadiyah Surakarta kepada pasien-pasiennya yang tergabung dalam komunitas Grup Sehat Semangat binaan dokter spesialis onkologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hadir dalam acara ini, sebanyak 107 peserta dan juga dari MPKU-PS Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Direksi RS PKU Muhammadiyah Surakarta, serta dokter spesialis onkologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

RS PKU SOLO Gelar Seminar Untuk Penyintas Kanker Payudara

Dalam paparannya dr. Amelya menyampaikan bahwa penderita kanker menderita penurunan nafsu makan yang hebat, maka pendekatan psikologis sangat penting dilakukan misalnya memberikan edukasi bahwa nutrisi yang baik akan membantu mempercepat penyembuhan penyakit, serta disarankan untuk menghindari minum sebelum makan serta berolahraga secara teratur. Selain itu, pengaturan makan perlu diperhatikan, seperti : energi tinggi, protein tinggi, lemak sedang, cukup karbohidrat, vitamin, mineral, serta makanan harus steril dikarenakan penderita kanker mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah mengalami infeksi. Sedangkan dr. Henky menekankan bahwa pengobatan mengikuti advis dokter dan senantiasa melalukan screening rutin memantau kondisinya, melakukan pengaturan makan yang sehat serta dibawa “bahagia”.

 

RS PKU SOLO Gelar Seminar Untuk Penyintas Kanker Payudara

Dalam sambutannya, dr. Mardiatmo, Sp.Rad selaku Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Grup Sehat Semangat yang merupakan tangan panjang RS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai wadah atau komunitas bagi pasien atau penyintas kanker payudara yang berobat ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai sarana untuk saling memotivasi antar anggota, memperluas silaturrahmi dan menambah persaudaraan antar anggota, sehingga diharapkan bisa bersinergi dengan RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam setiap aktivitas kegiatannya yang positif untuk anggotanya. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selain memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia, juga untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 yang akan digelar di Kota Solo tanggal 18-20 November 2022 sekaligus memeriahkan Milad RS PKU Muhammadiyah Surakarta ke-95 dan Hari Kesehatan Nasional ke-58.

 

Satu hari sebelumnya, pada tanggl 25 Oktober 2022 diselenggarakan Podcast Streaming LIVE Youtube dan Instagram Official RS PKU Muhammadiyah berbincang dengan Ibu Sri Lestari, S.Pd dan Ibu Ermawatie Syahyuni dari Pengurus Grup Sehat Semangat sekaligus sebagai penyintas kanker payudara yang bercerita tentang bagaimana membangun motivasi saat melalui masa sulit pengobatan, perlunya dukungan keluarga, dan saat berinteraksi dengan lingkungannya, serta manfaat bergabung dengan komunitas Grup Sehat Semangat di bawah binaan RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang selalu memberikan semangat dan bisa dekat berinteraksi dengan dokter dan nakes RS PKU Muhammadiyah Surakarta.