Skip to main content
Waktu Tepat Konsumsi Buah

Waktu Tepat Konsumsi Buah

Memakan buah sangat baik bagi tubuh. Buah memiliki kandungan seperti sumber vitamin, mineral, antioksidan dan serat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh manusia. Buah dapat dikonsumsi kapan saja, tapi ada waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah. Selain waktu yang tepat, ada pula jenis buah yang dapat dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu agar kandungan baik pada buah dapat diserap oleh tubuh.

Berikut ini waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah dan jenis buah yang baik dikonsumsi sesuai waktunya:

  1. Pagi Hari

Mengkonsumsi buah saat pagi hari saat perut masih kosong bersama dengan segelas air dianggap sebagai waktu terbaik mengkonsumsi buah. Dipagi hari saat perut masih kosong dan mengkonsumsi buah akan membantu sistem pencernaan sehingga mampu memproses buah dengan baik dan tubuh mampu secara maksimal menyerap nutrisi yang terkandung. Beberapa buah baik dimakan sebelum sarapan, seperti nanas, melon, pisang, anggur, berry, pir, mangga, pepaya, dan apel.

  1. Antara Dua Waktu Makan

Waktu kedua yang baik untuk mengkonsumsi buah adalah diantara dua waktu makan. Karena pada waktu tersebut sistem pencernaan bekerja dengan cepat dan mengeluarkan beberapa enzim berbeda. Sehingga buah akan lebih mudah dicerna dan membuat nutrisi, gula sederhana dan serat yang ada dalam buah akan lebih mudah diserap tubuh. Makan buah di antara waktu makan sebagai cemilan juga bisa menurunkan berat badan karena membantu melawan rasa lapar. Berikan waktu 30 menit jarak antara makan dan makan buah. Beberapa buah yang tepat dikonsumsi pada waktu tersebut, antara lain melon, nanas, delima, apel, dan mangga.

  1. Sebelum dan Setelah Olahraga

Sebelum dan setelah berolahraga Ketika kita mengkonsumsi buah sebelum berolahraga, maka tubuh akan mendapatkan energi lebih untuk berolahraga. Hal sama juga bisa kita lakukan setelah berolahraga, ketika tubuh kehilangan banyak energi dan kelelahan. Buah terbaik untuk dikonsumsi pada waktu tersebut adalah buah tinggi serat dan mengandung gula alami. Seperti pisang, mangga dan pir.

  1. Sebelum makan malam

Konsumsi buah sebelum makan malam lebih baik daripada mengkonsumsinya sebelum tidur. Sebab, buah mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Hal itu akan menekan rasa lapar kita pada waktu makan malam. Beberapa buah yang cocok untuk dikonsumsi sebelum makan malam antara lain nanas dan apel.               

Buah baik dikonsumsi saat kondisi segar daripada olahan seperti jus atau keripik. Karena, pada jus dan olahan buah biasanya ditambahkan gula yang malah kurang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat makan buah setiap hari secara optimal, setiap orang disarankan mengonsumsi tidak hanya satu jenis buah atau sayuran. Karena, buah dan sayuran berbeda bisa memberikan kombinasi serat, vitamin, dan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu, utamakan makan buah segar ketimbang buah beku, buah kalengan, buah kering, atau jus buah dalam kemasan. Lakukan konsultasi gizi di Rumah Sakit Solo yang memiliki layanan gizi ataupun catering sehat.