Skip to main content
Tips Aman Menyusui Saat Sedang Sakit

Tips Aman Menyusui Saat Sedang Sakit

Khawatir menularkan penyakit melalui ASI saat menyusui sedang sakit. Tenang, menyusi saat sedang sakit tetap aman. Meski tetap dianjurkan, ada beberapa tips keamanan yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui yang sedang sakit, diantaranya:

  1. Terapkan protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menyusui atau memegang bayi. Bila terdapat gejala batuk atau bersin, terapkan etika batuk dan bersin agar tidak menularkan penyakit ke buah hati. Batasi kontak fisik dengan bayi, seperti tidak menciumnya, serta tidak menyentuh area mata, hidung, atau mulut bayi sebelum mencuci tangan. Gunakan masker jika harus berdekatan dengan bayi.
  2. Utamakan menyusui dengan ASI perah daripada menyusui secara langsung.
  3. Bersihkan area payudara dengan air dan sabun sebelum menyusui bayi.
  4. Jangan berbagi peralatan makan, handuk, atau selimut dengan bayi ketika sedang sakit.

Nah, kini tidak ada alasan lagi untuk Busui berhenti menyusui bayi saat sakit, ya. Selain menerapkan tips-tips di atas, agar cepat pulih, Busui juga harus banyak istirahat, mengonsumsi makanan bergizi, serta minum banyak air putih.

Jika yang Busui khawatirkan adalah efek obat yang Busui konsumsi karena sakit, sampaikan ke dokter bahwa saat ini Busui sedang menyusui. Dengan begitu, dokter akan memberikan obat yang paling aman untuk ibu menyusui dan bayi, serta tidak memengaruhi kualitas ASI. Busui dapat mengkonsultasikan pemberian ASI pada bayi di Rumah Sakit Solo yang memiliki layanan laktasi.

Akan tetapi, bila kondisi Busui sangat lemas sehingga tidak mampu menyusui Si Kecil, ada baiknya Busui menunda untuk menyusuinya secara langsung.