Skip to main content
Mitos Fakta: Ibu yang sakit akan menularkan penyakit melalui Asi?

Mitos Fakta: Ibu yang sakit akan menularkan penyakit melalui Asi?

Banyak mitos mengenai ASI berkembang di tengah masyarakat. Salah satunya mitos mengenai ASI yang diminum bayi dari ibu yang sedang sakit akan menularkan penyakit. padahal faktanya ketika ibu menyusui (busui) sedang sakit, tubuh busui membuat zat kekebalan terhadap penyakitnya. Zat tersebut disalurkan kepada bayinya melalui ASI, sehingga bayi tetap sehat.

Jika busui khawatir menularkan penyakit melalui ASI saat menyusui sedang sakit. Tenang, menyusi saat sedang sakit tetap aman. Meski tetap dianjurkan, Ibu menyusui harus menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, gunakan masker dan batasi kontak fisik dengan bayi.

Nah, kini tidak ada alasan lagi untuk Busui berhenti menyusui bayi saat sakit, ya. Busui juga harus banyak istirahat, mengonsumsi makanan bergizi, serta minum banyak air putih. Jika yang Busui khawatirkan adalah efek obat yang Busui konsumsi karena sakit, sampaikan ke dokter bahwa saat ini Busui sedang menyusui. Dengan begitu, dokter akan memberikan obat yang paling aman untuk ibu menyusui dan bayi, serta tidak memengaruhi kualitas ASI. Busui dapat melakukan konsultasi mengenai ASI di klinik laktasi di Rumah Sakit Solo.