Skip to main content
Masalah Serius Akibat Gigi Berlubang

Masalah Serius Akibat Gigi Berlubang

Gigi berlubang seringkali tidak menimbulkan rasa sakit. Gigi Berlubang terjadi apabila jaringan gigi telah berubah menjadi karies gigi. Kondisi ini harus segera ditangani oleh dokter gigi. Jangan sampai terlambat periksa ke dokter karena akan mengakibatkan masalah gigi yang lebih serius.

Ada beberapa perawatan untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang, antara lain:

  1. Penggunaan fluoride
    Ketika lubang pada gigi masih sangat kecil, dokter akan memberikan fluoride untuk memulihkan enamel gigi yang mengalami kerusakan. Fluoride banyak terkandung dalam pasta gigi saat ini, sehingga semakin mudah untuk mencegah gigi berlubang jika rajin menjaga kebersihan gigi.
  2. Tambal gigi
    Tambal gigi adalah jalan kedua ketika kondisi gigi berlubang sudah cukup parah. Gigi yang perlu ditambal adalah gigi berlubang yang telah melampaui pembusukan tahap awal.
  3. Cabut gigi
    Cabut gigi dilakukan jika pembusukan di gigi sudah begitu parah, hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Oleh karena itu, jika memungkinkan, disarankan untuk membuat gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut.

Bersihkan gigi setelah makan untuk mencegah gigi berlubang. Jangan biarkan gigi berlubang begitu saja tanpa penanganan. Karena, gigi berlubang yang parah akan mengakibatkan penyakit gigi yang lebih serius. Lakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali meskipun tidak mengalami keluhan apapun. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta memiliki layanan pemeriksaan gigi dari anak hingga dewasa. Rumah sakit di Solo ini dibekali alat pemeriksaan gigi yang canggih dan tenaga medis yang ahli dibidangnya. Informasi selengkapnya hubungi (0271) 714578.