Skip to main content
Manfaat Olahraga Secara Rutin

Manfaat Olahraga Secara Rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga perlu dilakukan paling tidak selama 30 menit setiap hari. Berikut ini manfaat dari berolahraga rutin setiap hari, simak yuk!

  1. Mengurangi stress

Saat melakukan olahraga tubuh akan menghasilkan hormon-hormon bahagia. Hormon bahagia misalnya serotonin dan endorphin. Sehingga Olahraga dapat mengurangi stress dan membuat tubuh merasa lebih rileks dan tenang.

  1. Menurunkan berat badan

Banyak pilihan olahraga, salah satunya olahraga dengan intensitas tinggi atau kardio. Olahraga jenis ini jika dilakukan dengan rutin dapat berguna untuk membakar lemak dan mencegah naiknya berat badan.

  1. Mempertajam daya ingat

Olahraga berhubungan juga dengan fungsi otak. Melakukan gerakan olahraga tertentu selama 30 menit secara rutin dapat meningkatkan produksi sel di area hippocampus yang terletak di otak. Hippocampus bertanggung jawab untuk fungsi memori pada otak. Untuk jangka panjang, Anda dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia.

  1. Mencegah diabetes

Olahraga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga dapat mengembalikan fungsi normal tubuh agar semua sistem bekerja dengan baik.

Olahraga dapat dilakukan meskipun hanya di rumah saja. Banyak pilihan olahraga salah satunya naik turun tangga dan jalan keliling rumah. Lakukan gerakan olahraga secara rutin dan jangan langsung memforsir tubuh untuk olahraga berat. Konsultasikan kebutuhan olahraga yang Anda butuhkan pada dokter di RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Selain mengurangi resiko, konsultasi mengenai olahraga pilihan dapat berguna untuk menentukan kebutuhan dan intensitas olahraga bagi tubuh.