Skip to main content
Manfaat Konsumsi 1 Liter Air Bagi Tubuh

Manfaat Konsumsi 1 Liter Air Bagi Tubuh

60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Hingga, air memiliki peraan penting dalam tubuh. Bagi manusia, mengonsumsi air putih adalah sebuah kebutuhan. Selain itu terdapat manfaat air putih yang luar biasa bagi tubuh manusia. Manusia lebih mampu menahan lapar daripada menahan haus. Hal itu karena manusia memiliki cadangan makanan, yaitu lemak. Sedangkan manusia tidak bisa bertahan tanpa air. Orang dapat meninggal jika kekurangan air atau dehidrasi.

Mengonsumsi banyak air putih tak akan memberikanmu efek samping. Karena air putih tidak mengandung kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta kandungan gula. Maka dari itu banyak manfaat air putih yang bisa kalian rasakan.

Mengonsumsi air putih yang baik setiap orang berbeda-beda per harinya. Ada yang mengatakan setidaknya 8 liter sehari. Namun secara umum, seseorang perlu setidaknya 13 gelas untuk laki-laki dan 9 gelas untuk perempuan. Hal tersebut juga sesuai dengan usia serta ukuran tubuhnya masing-masing. Berikut beberapa manfaat meminum 8 liter air putih bagi kesehatan tubuh manusia.

Mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood dan meredakan sakit kepala

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mengonsumsi air putih. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Manfaat air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

Dehidrasi juga memengaruhi sakit kepala. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Salah satu manfaat air putih yang sangat penting bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kekuatan otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak. Manfaat air putih bagi otak akan membuatmu lebih fokus, mudah berpikir, dan berkonsentrasi. Kekurangan air putih bisa membuat otakmu dehidrasi.

Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kalian yang mengonsumsi makanan dan minuman tentu akan menghasilkan ampas atau toksin dalam tubuh. Manfaat air putih disini akan membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut.

Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kalian serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat. Tak hanya keringat, manfaat air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin.

Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulit. Kulit kalian tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan.

Kulit manusia termasuk alam organ tubuh. Sehingga penting untuk menjaganya. Jika kekurangan mengonsumsi air putih maka kulit akan tampak kering, tidak kencang dan bersisik yang berakibat berkerut. Nah, kalian para wanita yang tidak mau terlihat seperti itu bisa memperbanyak air putih ya.

Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebi kuat.

Demikian manfaat air putih yang bisa kalian rasakan. Banyak mengonsumsi air putih tidak akan memberikan dampak efek samping pada tubuh kok. Salah satu cara yang mudah dan murah untuk menjaga tubuh selalu sehat adalah dengan banyak minum air putih dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di Rumah Sakit di Solo. Ayo mulai rutin minum air putih ya!