Skip to main content
Bahaya Mengkonsumsi Buah Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Buah Berlebihan

Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diataranya yaitu sebagai asupan vitamin dan mineral, asupan serat pangan yang sangat baik serta sebagai salah satu alternatif diet sehat. Manfaat buah selain dapat mencukupi gizi yang kita butuhkan buah juga dapat mencegah penyakit. Menurut badan kesehatan dunia WHO manusia sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran setidaknya 400g/hari agar tubuh sehat.

Indonesia negara tropis yang memiliki keberagaman jenis buah. Terdapat ratusan buah-buahan yang dianggap asli Indonesia. Jadi, tidak aneh lagi kalau masyarakat Indonesia sangat menyukai memakan buah sampai terkadang berlebihan. Padahal mengkonsumsi buah harus seimbang agar tidak membahayakan tubuh.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu buah baik dikonsumsi saat kondisi segar daripada olahan. Untuk mendapatkan manfaat makan buah setiap hari secara optimal, setiap orang disarankan mengonsumsi tidak hanya satu jenis buah atau sayuran. Karena, buah dan sayuran berbeda bisa memberikan kombinasi serat, vitamin, dan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu, utamakan makan buah segar ketimbang buah beku, buah kalengan, buah kering, atau jus buah dalam kemasan.

Berikut ini bahaya mengkonsumsi buah secara berlebihan, simak yuk!

1. Diare

Buah memiliki banyak kandungan, salah satunya fruktosa. Beberapa jenis buah mengandung fruktosa, yang jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan terjadinya diare.

2. Meningkatkan Gula Darah

Buah anggur adalah salah satu buah yang mengandung gula tinggi. Sebaiknya penderita diabetes menghindari buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

3. Asam Lambung Naik

Buah yang mengandung vitamin C cenderung memiliki rasa yang masam. Hal ini harus dihindari oleh penderita GERD atau gangguan magh.

Konsumsilah buah secara seimbang dan sesuaikan waktu yang tepat agar manfaat buah dapat dirasakan oleh tubuh. Hindari konsumsi buah yang sudah diolah seperti jus ataupun keripik, karena biasanya mengandung gula tambahan yang akan berakibat buruk pada tubuh. Salah satu Rumah Sakit Solo memiliki layanan konsultasi gizi dan catering sehat yang dapat membantu menentukan asupan yang khusus untuk anda.