Skip to main content
Ayo Jaga Kesehatan Mental dengan 5 Cara Ini

Ayo Jaga Kesehatan Mental dengan 5 Cara Ini

Kesehatan manusia mencakup berbagai macam aspek. Tidak hanya secara fisik, kesehatan manusia juga dinilai dari kesehatan serta daya tahan mentalnya. Kesehatan mental seseorang dapat dinilai dari caranya memperlakukan dirinya dan orang lain di sekitarnya, memiliki hubungan sosial yang baik, dapat mempertahankan fokus, dan tidak menampakkan emosi negatif secara terus-menerus. Akan tetapi, bagaimana kita bisa menjaga kesehatan mental kita, terutama dalam masa-masa pandemi yang dapat dengan mudah mengikis kesehatan mental kita melalui ketidakpastian, kecemasan, rasa terasing, dan ketakutan ini? Kami merangkum 5 cara untuk menjaga kesehatan mental di bawah ini:

1. Menerima dan Menghargai Diri

Cara pertama ini mungkin terdengar sepele atau mungkin klise. Akan tetapi, menerima keadaan diri dan menghargai diri sendiri adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan mental kita. Dengan menerima diri sendiri (dan terutama mensyukurinya) kita terhindar dari kecenderungan untuk menilai diri secara negatif yang dapat membuat kita menjadi depresi dan frustasi. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menerapkan menghargai diri kita sendiri. Alih-alih memfokuskan diri pada kelemahan atau kekurangan kita, tuliskanlah segala kebaikan atau kelebihan yang kita miliki. Awalnya, kita akan kesulitan untuk menemukan kelebihan-kelebihan itu, tetapi cobalah untuk menanyakannya kepada orang-orang terdekat kita mengenainya, Anda pasti akan takjub bahwa ada begitu banyak nilai kebaikan yang mereka perhatikan dalam diri kita, dan hal ini tentu saja akan mendorong kita untuk semakin mensyukuri hidup kita.

2. Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman juga dapat menjaga kesehatan mental. Bercerita dan mendengarkan cerita orang lain dapat menolong kita untuk melepaskan beban dalam hati kita sehingga terasa lebih plong dalam menjalani hidup. Saat kita terisolasi, sering kali kita tidak dapat melihat alternatif lain dari pemikiran kita sendiri. Saat beban psikologis kita terlalu berat bahkan mulai mengganggu kesehatan fisik kita, jangan ragu untuk segera ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat segera ditangani.

3. Belajar Mengontrol dan Mengungkapkan Emosi Secara Sehat

Kontrol emosi Anda, jangan biarkan kesedihan, kemarahan, atau kecemasan menguasai diri Anda. Jangan pula memendam emosi negatif Anda, sebaliknya carilah cara untuk mengungkapkannya dengan cara yang sehat. Terbukalah dengan orang terdekat Anda, entah suami, istri, orang tua, maupun sahabat Anda. Jika Anda belum bisa terbuka terhadap orang lain, ada banyak cara lain untuk mengungkapkan emosi Anda, seperti melalui tulisan atau menggambar. Yang penting, lepaskan emosi negatif itu sebelum semakin menumpuk dan mengganggu kesehatan mental Anda.

4. Berolahraga

Ternyata, berolahraga tidak hanya baik bagi kesehatan jasmani kita. Kenyataannya, berolahraga juga dapat membuat kesehatan mental kita juga meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga aerobik dan pembentukan otot ternyata juga membantu menguatkan konsentrasi kita. Olah raga juga mendorong pembentukan hormon endorfin yang membuat kita merasa rileks dan bahagia. Selain itu, saat berolah raga, kita akan fokus pada aktivitas fisik dan untuk sementara melupakan tekanan mental yang sedang kita hadapi.

5. Makan dan Istirahat yang Cukup

Stres yang menekan mental kita juga dapat dipengaruhi oleh kurangnya istirahat yang cukup. Saat kita tidur nyenyak, kita memberi kesempatan kepada otak kita untuk mengkonsolidasikan memori kita, yang akan berpengaruh pada proses belajar dan kesehatan emosional. Sebaliknya, jika kita kurang tidur, kita akan menambah tekanan pada mental dan fisik kita sehingga kita kurang dapat mengontrol emosi kita. Selain istirahat cukup, makanan yang bergizi juga membantu untuk membangun kesehatan mental kita. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mendorong kesehatan mental adalah yang mengandung B12, zat besi, dan seng.

Demikian tips untuk menjaga kesehatan mental. Semoga tips-tips di atas dapat menginspirasi kita untuk menjadi insan yang sehat mental dan jasmani, serta semakin peduli dengan orang-orang di sekitar kita. Jika Anda membutuhkan bantuan medis terkait hal ini, RS PKU Muhammadiyah Solo memiliki layanan konsultasi kesehatan dengan dokter Solo yang berpengalaman di bidangnya untuk menolong Anda mengatasinya. Tetap sehat, tetap semangat!

Disadur dari berbagai sumber.