Skip to main content
Amankah Ibu Menyusui Saat Sakit?

Amankah Ibu Menyusui Saat Sakit?

Saat Ibu menyusui sedang kurang enak badan pasti khawatir dan beranggapan bahwa ASI mereka akan menularkan penyakit pada buah hati. Padahal jika hanya demam, flu atau batuk ibu menyusui atau busui masih boleh memberikan ASI pada bayi. Batuk, diare, demam, sakit tenggorokan, atau infeksi saluran kemih bukanlah halangan untuk tetap menyusui buah hati. Jangan takut ASI yang Busui miliki jadi mengandung kuman atau virus.

Penting bagi Busui untuk tetap menyusui saat sedang sakit. Karena pada saat lahir hingga umur 6 bukan hanya memerlukan ASI saja, tanpa makanan atau minuman tambahan lainnya. Oleh karena itu, pemberian ASI harus tetap dilanjutkan meski keadaan Busui sedang sakit.

Malahan ketika Busui sedang sakit, tubuh Busui secara otomatis akan membentuk antibodi terhadap penyakit yang Busui alami. Antibodi tersebut akan mengalir ke dalam ASI, dan ketika Si Kecil menyusu, ia akan terlindungi dari penyakit yang Busui alami.

Jika yang Busui khawatirkan adalah efek obat yang Busui konsumsi karena sakit, tenang saja, ya. Busui tinggal sampaikan ke dokter bahwa saat ini Busui sedang menyusui. Dengan begitu, dokter akan memberikan obat yang paling aman untuk ibu menyusui dan bayi, serta tidak memengaruhi kualitas ASI. Konsultasikan pemberian ASI anda pada klinik laktasi di Rumah Sakit Solo.