Skip to main content
Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

5 Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Melakukan pemeriksaan rutin kesehatan mata minimal 6 bulan sekali dapat membantu pencegahan terjadinya penyakit mata. Namun, jika sudah terlanjur mengalami sakit mata jangan dibaikan, Anda harus segera lakukan pemeriksaan. Kita perlu mengetahui jenis penyakit mata agar segera dapat ditangani.

Penyakit mata ada beragam. Berikut ini 5 jenis penyakit mata yang sering terjadi!

  1. Konjungtivitis

Peradangan pada jaringan lunak di sekitar mata yang membuat mata merah, berair, perih, dan gatal. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi.

  1. Mata Kering

Penyakit ini sering terjadi pada lansia dan pada wanita dengan gejala berupa mata terasa berpasir atau seperti ada benda asing di mata, mata merah, terasa perih atau gatal, dan silau.

  1. Katarak

Penyakit mata ini membuat lensa mata terlihat keruh sehingga pandangan menjadi kabur. Katarak kebanyakan diderita oleh orang berusia 60 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda atau bayi batu lahir. Katarak merupakan dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Glaukoma

Glaukoma terjadi ketika saraf optik mata rusak sehingga penderitanya mengalami gangguan penglihatan, bahkan kebutaan. Karena adanya peningkatan tekanan di dalam bola mata akibat dari timbunan cairan di dalam mata.

  1. Kelainan refraksi (penglihatan buram)

Kelainan refreaksi membuat penderitanya kesulitan melihat dengan jelas, karena fokus mata tidak jatuh pada titik yang seharusnya. Kelainan refreaksi yang biasa terjadi adalah rabun dekat atau jauh, mata silinder dan mata tua.

Menjaga kesehatan mata apalagi di usia produktif dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata, menghindari rokok, gunakan kacamata saat ke luar ruangan dan melakukan pengecekan rutin ke dokter. Pemeriksaan rutin tidak hanya diperuntukkan bagi penderita sakit mata, tapi juga sebagai pencegahan. Karena, ada beberapa penyakit mata yang dapat dideteksi lebih awal agar tidak semakin parah.

RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA memiliki layanan pemeriksaan mata yang lengkap dan canggih. Kunjungi dan periksakan kondisi mata Anda secara rutin. Untuk informasi layanan pemeriksaan hubungi (0271) 714578.